Strategi dalam perang adalah penyusunan rencana-rencana pertahanan dan serangan terhadap musuh yaitu timing kapan menyerang dan kapan bertahan agar bisa menang.Secara umum strategi dalam pembelajaran sangat mirip dengan strategi
perang yaitu mengkoordinator rencana-rencana pembelajaran agar mampu di terima dengan mudah oleh anak didik sehingga akhirnya dapat mencapai tujuan pembelajaran,dalam perang adalah kemenangan sedangkan dalam pembelajaran adalah keberhasilan dalam mentransfer ilmu ke anak didik.
perang yaitu mengkoordinator rencana-rencana pembelajaran agar mampu di terima dengan mudah oleh anak didik sehingga akhirnya dapat mencapai tujuan pembelajaran,dalam perang adalah kemenangan sedangkan dalam pembelajaran adalah keberhasilan dalam mentransfer ilmu ke anak didik.
Strategi berasal dari bahasa yunani yaitu strategos yang artinya suatu usaha untuk mencapai kemenangan awalnya di gunakan dalam ruang lingkup militer namun kini strategi di gunakan dalam berbagai bidang karena memiliki esensi yang relatif sama termasuk dalam pembelajaran istilah strategi juga di gunakan.
agar lebih mendalam ada baiknya kita membandingkan beberapa konsep strategi pembelajaran dari beberapa ahli :
Menurut Wina Sanjaya,2006 strategi pembelajaraqn merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan beberapa sumber daya//kekuatan dalam pembelajaran.
Menurut J.R David (1976) strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan pendidikan.
Menurut Dick dan Carey(1985) atrategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang di gunakan bersama-sama yang menimbulkan hasil belajar siswa/peserta latih.
Menurut Kemp (1995) strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh guru dan siswa//agar tujuan pembelajaran dapat di capai secara efektif dan efisien.
Menurut pendapat Mudjiono (1993) strategi pembelajaran adalah kegiatan guru untuk memikirkan dan mengupayakan terjadinya konsistensi antara aspek-aspek dari komponen pembentuk sistem pembelajaran,dimana untuk itu guru menggunakan siasat tertentu.
Merujuk pada pendapat di atas strategi pembelajaran dapat di maknai secara sempit dan luas.Secara sempit strategi pembelajaran mempunyai kesamaan dengan metoda yaitu cara untuk mencapai tujuan belajar yang telah di tetapkan.Secara luas strategi pembelajaran dapat di artikan sebagai suatu cara untuk penetapan keseluruhan aspek yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran,termasuk perencanaan,pelaksanaan dan penilaian.
setelah mencermati konsep strategi ada baiknya kita juga mencoba untuk memahami istilah yang berkaitan makna dengan strategi pembelajaran yaitu pendekatan dan metoda.
- Pendekatan : secara harfiah menurut kamus besar bahasa indonesia pendekatan adalah proses,perbuatan atau cara mendekati.Pendekatan adalah cara umum seorang guru memandang persoalan atau objek sehingga di peroleh kesan tertentu.Kesan yang muncul ini bagi seseorang mungkin saja berbeda-beda diantara objeknya dan ini akan berpengaruh pada pemilihan strategi,lebih lanjut T Raka Joni dalam Soli Abimayu,dkk (2008) mengemukakan,pendekatan di artikan sebagai cara umum dalam memandang permasalahan dan objek sehingga berdampak ibarat seseorang yang mmenggunakan kacamata tertentu dalam memandang alam.Kacamata hijau akam membuat alam terlihat kehijau-hijauan dan jika kacamata coklat membuat alam terhilat kecoklatan,dst.
- Metoda pembelajaran (metoda mengajar) : Strategi dalam arti sempit sering di sebut metoda,kalo begitu apa bedanya strategi dan metoda ? menurut sanjaya (2006) strategi adalah rencana untuk sesuatu sedangkan metoda adalah cara untuk mencapai sesuatu.Dengan kata lain metoda adalah cara yang di gunakan oleh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik agar tujuan dan kompetensi dasar dapat tercapai.Sedangkan dalam merencanakan atau menyusun strategi guru dapat mengguna cara atau metoda yang berbeda-beda sesuai dengan pendekatan yang di gunakan.
Dengan konsepsi tentang strategi,pendekatan dan metoda di atas kita dengan mudah menempatkan pendekatan dan metoda dalam strategi yang kita gunakan.Dengan strategi tertentu kita bisa menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sesuai karakteristik anak didik kita dengan begitu proses pentransferan ilmu akan mudah di terima anak didik.
sumber : Strategi pembelajaran ,Dra.Masitoh M.Pd dan Laksmi Dewi M.Pd (2009)
No comments:
Post a Comment